PUNCAK PERINGATAN HAN, LPKA PALU SERAHKAN SK PMP TAHUN 2024

/ Kamis, 25 Juli 2024 / 11.42

TOPINFORMASI.COM,PALU – Puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2024 di peringati oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu dengan melaksanakan penyerahan Pengurangan Masa Pidana (PMP) bagi anak binaan berdasarkan surat edaran dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, selasa (23/07/24). Bertempat di Aula terbuka, Acara ini dihadiri Kepala LPKA Palu, para Pejabat Struktural, pegawai dan anak binaan.

Membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham)R.I, Yasonna Laoly, Kepala LPKA Palu menyampaikan bahwa PMP HAN 2024 diberikan kepada total 1.138 orang anak binaan serentak se-Indonesia. Menkumham mengatakan bahwa anak berhadapan hukum bukan hanya pelaku melainkan juga korban. Olehnya itu rangkul mereka, arahkan dengan kegiatan-kegiatan yang baik, karena hakikat seorang anak sejatinya merupakan cikal bakal penerus bangsa ini. 

Lebih lanjut Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengatakan pemberian pengurangan masa pidana merupakan bentuk kehadiran negara dalam merangkul, menjamin dan melindungi hak setiap anak yang ada di LPKA. 

“Sebanyak 4 orang anak binaan menerima pengurangan masa pidana dengan besaran 1 bulan, sedangkan 11 anak lainnya tidak dapat diusulkan karena sudah berusia  18 tahun,” jelas Revanda.

Kepala LPKA Palu juga menyebut bahwa pengurangan masa pidana yang diberikan kepada anak binaan merupakan pencapaian atas ketaatan dan kedisiplinan yang telah ditunjukkan oleh anak selama menjalani program pembinaan yang ada di LPKA Palu. Semoga momentum ini dapat menjadi hadiah untuk anak binaan dan tetap semangat menjalani pembinaannya hingga selesai dan Kembali ke masyarakat.

Mewakili anak binaan, AL mengucapkan rasa syukur atas pengurangan masa pidana yang ia terima dan berjanji untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik dan bermanfaat. “Allhamdulilah, pengurangan masa pidana ini menjadi motivasi saya untuk terus maju dan berkembang. Terima kasih kepada LPKA Palu yang telah memberikan pembinaan dan pembimbinggan selama ini,” ungkap AL

Turut mendukung program yang ada di LPKA Palu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, melalui PMP HAN Tahun 2024 berpesan kepada anak binaan LPKA untuk tetap berkarya dengan penuh semangat dan raih prestasi setinggi-tingginya. 

“Jadikanlah kegiatan ini sebagai batu loncatan dalam meraih masa depan yang cerah. Berada di LPKA Palu bukanlah akhir dari segalanya. Tetaplah berkarya dan berprestasi karena tidak ada prestasi dan karya yang besar lahir begitu saja, semuanya membutuhkan proses dan kerja keras yang tekun,” pesan Kakanwil Hermansyah untuk anak binaan.

Dalam acara ini, dilakukan juga penyerahan hadiah lomba tradisional oleh Kepala LPKA Palu dalam memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2024.  Terlihat anak binaan begitu senang saat diberikan hadiah. LPKA Palu berharap semarak peringatan hari anak tahun ini dapat menambah semangat belajar anak binaan.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini