Imingrasi Sibolga Melaksanakan JAGRATARA Tahap III

/ Senin, 14 Oktober 2024 / 17.21

Sibolga, TOP INFORMASI. COM
Kepala Imigrasi Kelas II TPI Sibolga melaksanakan Operasi "JAGRATARA" Tahap III di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel)
Dalam kegiatan tersebut di pimpin Akbar Drajat Bogitara selaku Kepala Kantor Imigrasi Sibolga didampingi Andi Febri Rinaldhi, 
Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Selasa dan Rabu 7-8 Oktober 2024.

Kepala Imigrasi Akbar Drajat mengatakan, sebelum Tim melaksanakan JAGRATARA, kami terlebih dahulu melaksanakan rapat serta  berdoa, semoga kegiatan 2 hari ini berjalan sesuai harapan.

Selajutnya Tim bergerak di awali dengan mendatangi lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bulu Payung yang berlokasi di Kecamatan Marancar. 

Kemudian Tim bertemu dengan perwakilan PT North Sumatra Hydro Energy, Sinohydro Corporation Limited, dan Huadong Engineering Corporation Limited dan 
melakukan rapat terkait kegiatan dan keberadaan TKA (Tenaga Kerja Asing) pada 
ketiga perusahaa tersebut.

Hasii pertemuan tersebut paparan setiap manajemen perusahaan diketahui bahwa pada PT North Sumatra Hydro Energy terdapat 23 orang TKA berkewarganegaraan Tiongkok, pada Sinohydro Corporation Limited 
terdapat 459 orang TKA berkewarganegaraan Tiongkok, dan Huadong Engineering Corporation Limited mempekerjakan 23 orang TKA berkewarganegaraan Tiongkok. .ujar Akbar

Selanjutnya Tim mendatangi lokasi proyek yang berada di Kecamatan Sipirok. Pada pertemuan dengan perwakilan perusahaan, Kepala Seksi Inteldakim mengapresiasi manajemen perusahaan karena telah melaporkan data-data Orang Asing setiap bulannya secara berkala dan Tim kemudian memastikan bahwa tidak terdapat pelanggaran keimigrasian yang dilakukan perusahaan tersebut.

Sementara Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Andi Febry Rinaldhi menambahkan, Pada hari Selasa, 08 Oktober 2024 Tim melakukan pengecekan pada penginapan Syakira The View di Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan dan diperoleh informasi tidak terdapat WNA (Warga Negara Asing) yang sedang menginap.

Tim memberikan sosialisasi terkait kewajiban pelaporan Orang Asing kepada perwakilan penginapan. Berharap pemilik penginapan Syakira The View dapat melaporkan setiap ada orang asing yang menginap kepada Imigrasi.

Kemudian tim mendatangi lokasi Martabe Site PT Agincourt Resources yang berlokasi di Kecamatan Batangtoru Kab. Tapanuli Selatan. Tim kemudian bertemu dengan perwakilan PT Agincourt Resources, PT Promincon Indonesia, PT Macmahon Mining Services, PT Indodrill Indonesia, dan PT Sangati Soerya dan melakukan rapat terkait kegiatan dan keberadaan TKA (Tenaga Kerja Asing) pada perusahaan tersebut. 

Pada pertemuan dengan perwakilan perusahaan, Kepala Kantor dan Kepala Seksi Inteldakim mengapresiasi manajemen perusahan karena telah melaporkan keberadaan Orang Asing setiap bulannya secara berkala dan juga telah melaporkan setiap Orang Asing yang berkunjung ke lokasi perusahaan.

Dari hasil paparan setiap manajemen perusahaan diketahui bahwa pada PT Agincourt Resources terdapat 8 orang TKA yang terdiri dari 7 orang TKA berkewarganegaraan Australia dan 1 orang TKA berkewarganegaraan Papua Nugini, PT Promincon Indonesia terdapat 2 orang TKA yang terdiri dari 1 orang TKA berkewarganegaraan Australia dan 1 orang TKA berkewarganegaraan Selandia Baru.

Sedangkan di PT Sangati Soerya Sejahtera terdapat 1 orang TKA berkewarganegaraan Filipina, PT Macmahon Mining Services terdapat 2 orang TKA berkewarganegaraan Australia, dan PT Indodrill Indonesia terdapat 1 orang TKA berkewarganegaraan Filipina..ucap Febry

Adapun Tim yang ikut terdiri dari
Akbar Drajat Bogitara selaku Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Andi Febri Rinaldhi, 
Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Vici Manalu Analis Keimigrasian Ahli Pratama, Anton Swanda Sinuraya, Bayu Aji Wijaya, Yudha Putra Wicaksana, dan Mara Sultan Hasibuan Penyusun Laporan Pegawasan serta Agus Suherman Hutabarat PPNPN.
Syahdan/Red)
Komentar Anda

Berita Terkini